Saturday, January 17, 2015

Perilaku Sesuai Norma di Berbagai Lingkungan

Perilaku sesuai norma di berbagai lingkungan harus kita pahami agar dapat hidup dengan benar, tenang dan damai. Manusia merupakan makhluk individu sekaligus makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia memiliki kecenderungan untuk berkelompok dan berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, manusia selalu hidup bermasyarakat. Dalam kehidupan bermasyarakat, kedudukan norma memiliki peran yang sangat penting. Norma berperan penting dalam meminimalisasi konflik sosial yang, muncul dalam masyarakat sehingga kehidupan masyarakat yang harmonis dapat terwujud.


Perilaku Sesuai Norma di Berbagai Lingkungan Dalam rangka menciptakan kehidupan harrnonis, masyarakat harus mematuhi norma yang ada. Berperilalru sesuai dengan norma merupakan cara yang harus dilakukansetiap individu untuk menciptakan keteraturan sosial, yaitu kondisi yang menunjukkan bubungan sosial berjalan secara tertib dan teratur sesuai norma yang berlaku. Tiap-tiap anggota masyarakat harus berperilaku sesuai norma, baik dalam berinteraksi dalam komunitas teman sebaya, keluarga, maupun masyarakat.

Karnu sebagai bagian dari masyarakat sudah seharusnya menunjukkan perilaku sesuai dengan aturan yang berlaku dalam berinteraksi, baik dengan komunitas teman sebaya, anggota keluarga, maupun warga masyarakat. Bagaimana bentuk perilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, baik dalam komunitas teman sebaya, keluarga, maupun masyarakat? Mari kita pahami satu per satu dalam materi berikut.

1 comment:

  1. terimakasih untuk pembahasannya menarik sekali..

    http://www.tokoobatku.com/

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...