Monday, May 4, 2015

Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara


Ayo menghayati dan mengamalkan Pancasila!

Nyanyikanlah lagu “Indonesia Raya” bersama-sama dan khidmat dengan dipimpin salah seorang teman di kelasmu.

Bagaimana perasaanmu setelah menyanyikan lagu itu? Jika lagu kebangsaan “Indonesia Raya” kalian nyanyikan dengan khidmat, akan timbul semangatmu untuk mencintai bangsa dan negara Indonesia. Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” lahir dalam masa perjuangan para pendiri negara menuju kemerdekaan.

Pendiri negara adalah orang-orang yang telah berjuang untuk mendirikan bangsa dan negara. Jasa-jasa mereka seharusnya tidak kita lupakan. Seperti dikatakan Proklamator Ir. Soekarno, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah” atau yang lebih dikenal dengan singkatan “Jasmerah”. Tidak melupakan sejarah adalah kewajiban warga negara sebagai bangsa Indonesia. Melupakan sejarah sama saja dengan menanggalkan identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Kamu hidup dalam konteks sejarah. Kamu juga menggapai masa depan yang telah dibangun sepanjang sejarah itu.
Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
Indonesia Raya
Ciptaan: W. R. Supratman

Indonesia tanah airku, Tanah tumpah darahku, Di sanalah aku berdiri, Jadi pandu ibuku.
Indonesia kebangsaanku, Bangsa dan tanah airku, Marilah kita berseru, Indonesia bersatu.
Hiduplah tanahku, Hiduplah negriku,
Bangsaku, rakyatku, semuanya, Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya, Untuk Indonesia Raya.
Indonesia Raya, Merdeka, merdeka,
Tanahku, negriku yang kucinta! Indonesia Raya,
Merdeka, merdeka, Hiduplah Indonesia Raya

Para pendiri negara pada masa lalu telah merumuskan dan menetapkan dasar negara dalam menggapai cita-cita sebagai negara yang merdeka dan berjaya. Dasar negara Pancasila berguna untuk mengantarkan kemerdekaan dan kejayaan bangsa Indonesia. Pada bab ini, kalian akan mempelajari sejarah dan nilai yang terdapat dalam Pancasila sebagai dasar negara dan bagaimana Pancasila itu dihayati oleh bangsa Indonesia sehingga kehidupan bangsa Indonesia yang besar dan bermacam-macam dapat tercipta dengan indah.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...